Saturday 5 November 2011

RESUME KELOMPOK 1.

Komputer adalah perangkat elektronik, beroperasi di bawah pengendali yang disimpan pada memori komputer, dapat menerima data, memproses data berdasarkan aturan tertentu, mencetak hasilnya, dan menyimpan data untuk penggunaan di masa depan. Pengertian secara umum, komputer memproses data menjadi informasi, sedangkan data adalah kumpulan dari sesuatu yang belum diproses, yang dapat berupa teks, angka, audio dan video. Sedangkan informasi menyampaikan arti dan berguna bagi manusia.
Keuntungan menggunakan komputer, diantaranya:
1.Kecepatan
2.Kepercayaan
3.Konsistensi
4. Penyimpanan
5.Komunikasi
Sebuah komponen dapat bekerja dengan melibatkan 3 (tiga) komponen utama, dalam penggunaan komputer sehari-hari, tiga komponen tersebut sering dijumpai seperti:
1.HARDWARE (Perangkat Keras)
2.SOFtWARE (Perangkat Lunak)
3.BRAINWARE (User/ Sumber Daya Manusia)
2. DASAR SISTEM KOMPUTER
Sistem komputer terdiri atas empat komponen yang bekerja sama dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan sistem komputer, yaitu komputasi. Empat komponen pokok dari sistem komputer adalah:.Pemroses (CPU), Memori Utama, Input dan output, Interkoneksi Antarkompone
3. PEMROSES (CPU)
Pemroses berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data. Pemroses melakukan operasi komputasi dan operasi logik, serta mengendalikan aliran data berdasarkan intruksi-intruksi. Operasi-operasi di pemroses dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu:
1. Operasi aritmatika
2. Operasi logika
3. Operasi pengendalian

1.3. MEMORI
1. Pada dasarnya memori komputer berfungsi untuk menyimpan data dan program. Maka, perlu diketahui karakteristik-karakteristik dari sistem memori komputer seperti: Lokasi, Kapasitas,Satuan Transfer,Metode Akses, Kinerja , Tipe Fisik,Karakteristik Fisik.


1.4. INPUT DAN OUTPUT
Input dan output merupakan elemen penting ketiga dari sistem komputer di samping CPU dan memory, dengan kata lain sistem komputer tidak akan berguna tanpa adanya peralatan input dan output Karena I/O merupakan perangkat eksternal yang menyediakan alat bantu untuk penukaran data terhadap lingkungan luar komputer.
1.5. INTERKONEKSI ANTARKOMPONEN
Sebuah komputer terdiri atas sekumpulan komponen-komponen dasar sepeti CPU, memori dan I/O yang saling berkomunikasi dikarenakan komputer merupakan suatu jaringan dari modul-modul dasar tersebut. Supaya komponen dasar tersebut bisa saling berkomunikasi, harus ada lintasan untuk menghubungkannya. Interkoneksi antarkomponen harus bisa mendukung jenis perpindahan sebagai .


1.6. INTERINPUT
Interrupt merupakan suatu sinyal dari peralatan luar atau suatu permintaan dari program untuk melakukan suatu tugas khusu
1.7. KATEGORI KOMPUTER
Dalam pembagian kategori, komputer dibedakan dengan ukuran, kecepatan, dan kekuatan pemroses serta harga dari komputer tersebut
1. KOMPUTER PRIBADI
2. KONSOL GAME
3. SERVER
4. MAINFRAME
5. SUPERKOMPUTER
6. KOMPUTER TERTANAM (EMBEDDED COMPUTER)

1.8. MIKROPROSESOR
Mikroprosesor merupakan sebuah Central Processing Unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transitor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor.
Karakteristik penting dari mikroprosesor:
1. Ukuran bus data internal (internal data bus size)
2. Ukuran bus data eksternal (external data bus size)
3. Ukuran alamat memori (memory address size)
4. Kecepatan clock (clock speed)
5. Fitur-fitur special (special features)





RESUME KELOMPOK II
Pengertian sistem operasi
pendahuluan
Pada bab ini akan dijelaskan tentang pengertian sistem operasi.diharapkan setelah mempelajari bab ini mahasiswa mampu untuk memahami perkembangan sistem komputer dan sistem operasi.

Pengertian sistem operasi secara umum
pengolahan seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (sistem calls) kepemakai sehingga memudahkan dan menyamakan penggunaan serta pemanfatan sumber-daya sistem komputer tersebut.
 Mesin
 Barang benda mati.
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulakan bahwa sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen kerja dan memuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin,sehingga mesin dapat bekerja sesuai dengan yang diimpikan.

2.2 tujuan mempelajari sistem operasi
Tujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari sistem operasi adalah:
1. Tujuan pada level yang paling tinggi.
2. Agar dapat menilai sistem operasi dan memelihara alternatif sistem operasi sesuai dengan tujuan secara berbasis komputer yang akan dibagun.
3. Dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi sehingga konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.
4. Pemakai lebih memiliki ilmu mengapa sistem operasi bisa melakukan pekerjaan yang dikerjakan oleh mansusia
5. Banyak terdapat sistem operasi open souce seperti linux,mixix yang dapat dimodifikasi sesuai denga kebutuhan.

2.3 FUNGSI DAN TUJUAN SISTEM OPERASI
Fungsi dan tujuan sistem operasi adalah mengontrol eksekusi program-program aplikasi dan juga sebagai interface antar pengguna komputer dan hardware komputer.
Tinga tujuan dasar sistem operasi:
1. Efisiensi
2. Kemudahan
3. Kemampuan berevolusi
2.4 jenis sistem operasi
Berdasarkan jumlah penggunaan dan program yang dijalankan sistem operasi dapat dikategorikan :
1. Single user - single tasking
2. Multi user – single tasking
3. Single user – multi tasking
4. Multi user multi tasking
2.5 fungsi dasar sistem operasi
 menjembatani hungan antar hardware dan program aplikasi yang dijalankan user
 Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh user dan berbagai program aplikasi
 Sebagai program pengendali
 Manajemen sumberdaya hardware
2.6 komponen utama sistem operasi
1. Karnel merupakan suatu software (kumpulan program)
2. File : file disini merupakan faile-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi.
3. User interface : sebuah sistem operasi memiliki krakterristik atau interface (tampilan yang menjadi inter aksi user dengan komputer.

2.7 DEFENISI SISTEM OPERASI
1. SO adalah software yang mengontrol hardware .
2. Program yang menjadikan harware lebih mudah untuk digunakan
3. Kumpulan program yang mengatur kerja harware sesuai keinginan user
4. Manajer sumber daya atau pengalokasian sumber daya komputer
5. Sebagai program pengendali
6. Sebagai guardian
2.8 SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI
1. Generasi pertama tahun 1949 dan 1950
2. Generasi kedua tahun 1960
3. Generasi ketiga tahun 1970
4. Generasi keempat tahun 1980
5. Generasi kelima tahun 1990


KELOMPOK III

KONSEP DASAR SISTEM OPERASI
1. SISTEM BATCH
Pada tahun 1950-an yaitu saat munculnya komputer generasi pertama,muncul konsep ini yaitu dengan menggunakan job-job dalam satu angkatan,konsep ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi selanjutnya,tujuan dari konsep ini adalah untuk meningkatkan utilitas CPU dalam menangani job-job yang ada. Batch sistem terdapat dua cara:
a. Resident Monitor
b. Overlap Operasi Antara I/O dengan CPU

 Sistem Batch Pertama
Dengan mengeluarkan biaya yg tinggi,manusia bisa mengatasi waktu dalam melakukan komputasi solusi yg di lakukan adalah dengan mengadopsi sistem batch. Ide dasarnya adalah dengan mengumpulkan semua job yg akan di kerjakan dan memasukannya ke dalam magnetik tape.

2. Multiprogramming System
Beberapa job yg siap di eksekusi,dikumpulkan dalam sebuah pool. Sistem operasi mengambil job-job tersebut dan meletakan di memori dalam bentuk antrian .


3. Time Sharing Sitem
Sering juga di sebut dengan”Multitasking”,teknik sama dengan “Multiprogramming system”,hanya saja waktu bagi proses untuk menggunakan CPU di batasi,waktu mksimum penggunaan CPU oleh proses ini disebut dengan “Quantum”.


4. Multiproccessing System
Multiproccessing merupkan ssuatu system yg lebih dari satu CPU(prosessor) pekerjaan sebuah job di lakukan dengan dua cara:
a. Pararel System
b. Distributed System

5. Real Time System

Real tyme system di gunakan jika satu operasi melakukan kecepatan waktu dari prosesor atau aturan data dan sering di gunakan sebagai pengontrol terhadap aplikasi-aplikasi tersebut terdapat dua bentuk real time sistem yaitu:
a. Hard real time,menjamin critical task selesai tepat waktu
b. Soft real time,memberikan prioritas pada critical task di banding dengan task lainnya sampai critical task tersebut selesai di kerjakan


6. Sistem operasi terpusat dan terdisistribusi

Istilah sistem operasi terpusat dan terdistribusi terdapat pada system multiprocessing. System operasi terpusat adalah system operasi yg dapat menangani multiprosesor di mana semua prosesor menggunakan satu memori utama. Sebuah proses bertindak sebagai master dan yg lainnya sebagai slave.
System operasi terdestribusi adalah system operasi yg dapat menangani multiprosessor di mana masing-masing prosesor memiliki memory utama tersendiri.
a. Pengaturan sumber daya
b. Keuntungan dari dua sistem
c. Kerugian dari sebuah system



KELOMPOK IV

KELOMPOK V
A. KONSEP PROSES
Secara informal, proses adalah program dalam eksekusi. Sebuah proses suatu program adalah satu entitas pasif seperti isi dari sebuah berkas yang disimpan didalam disket, sebagaimana sebuah proses dalam suatu entitas aktif, dengan sebuah program counter yang mengkhususkan pada instruksi selanjutnya untuk dijalankan dan seperangkat sumber daya / resource yang berkenaannya dengannya.
1. Status Proses
2.Proses Control Block (PCB)

B. PENJADWALAN PROSES
Tujuan dari multiprogramming adalah untuk memiliki sejumlah proses yang berjalan sepanjang waktu, untuk memaksimalkan penggunaan CPU.
Tujuan dari pembagian waktu adalah untuk mengganti CPU diantara proses-proses yang begitu sering sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan setiap program sambil CPU bekerja
Tiga macam bentuk jadwal dari penjadwalan proses :
1. Antrian Penjadwalan
2. Penjadwal (scheduler)
3. Context Switch

C. OPERASI PADA PROSES
Operasi-operasi yang dilakukan terhadap proses diantaranya :
 Penciptaan proses
Ada beberapa aktifitas berkenaan dengan pembuatan proses antara lain :
 Memberi identitas (nama) pada proses yang dibuat
 Menyisipkan proses pada list proses atau table proses
 Menentukan priorits awal proses
 Menentukan PCB
 Mengalokasikan resource awal bagi proses tersebut









1. Penghentian Proses
Suatu proses berhenti jika menyelesaikan pernyataan terakhir, dan meminta pada sistem operasi untuk menghapusnya dengan menggunakan system call exit. Proses mengembalikan semua data (output) ke parent proses melalui proses system call wait. Kemudian proses dihapus dari list atau table sistem, dilanjutkan dengan menghapus PCB.

D. KERJASAMA ANTARPROSES
Keuntungan proses yang saling bekerja sama adalah terjadi pembagian informasi, meningkatkan kecepatan komputasi, proses dapat dibagi dalam modul-modul dan lebih memberikan kenyamanan pada programmer.

E. KOMUNIKASI ANTARPROSES
Komunikasi antarproses adalah mekanisme proses-proses untuk berkomunikasi dan melakukan sinkronisasi. Terdapat dua bentuk komunikasi antarproses yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tak langsung

1. Komunikasi Langsung
Bentuk komunikasi langsung adalah proses melakukan komunikasi langsung keproses lain. Property yang harus terdapat pada saluran komunikasi terdiri atas :
1. Terdapat sambungan yang dapat bekerja secara otomatis antara tiap pasangan proses yang ingin berkomunikasi
2. Sambungan tersebut menghubungkan tepat satu pasangan proses yang akan berkomunikasi
3. Antar tiap-tiap pasangan proses terdapat tepat satu saluran
4. Sambungan tersebut mungkin bersifat unidirectional namun bisaanya bidirectional

2. Komunikasi Tak Langsung
Property yang harus disediakan pada saluran komunikasi adalah :
1. Sambungan antara 2 proses diberikan jika antara kedua proses tersebut saling menggunakan mailbox secara bersama-sama
2. Sambungan tersebut dihubungkan dengan beberapa proses
3. Antara tiap-tiap pasangan proses yang saling berkomunikasi ada sejumlah sambungan yang berbeda tiap-tiap link berhubungan dengan satu mailbox
4. Sambungan tersebut mungkin bersifat unidirectional namun bisaanya bidirectional

No comments:

Post a Comment

Lencana Facebook

sEbelum Ninggalin Blog ini...Tolong Berikan Komentarnya Sepatah 2 Kata,,,Trima Kasih
  1. HOME